Jumat, 08 Januari 2016

UAS Public Speaking 2016//PublicRelations'13//PutriLiscaAmalia


Soal jawaban UAS Public Speaking
Public Relations’13
Oleh: Putri Lisca Amalia/44213210006
Mercubuana University D
Kpd Yth,
Bapak Dosen Public Speaking,
Mustika Ranto Gulo, ST,M.Si



JAWABAN UAS PUBLIC SPEAKING 1

    Judul pidato           : GOOGLE ITU TUHAN!

·         Pathos (Emotional) adalah, ikatan emosional seorang manusia. Hal in penting dalam menentukan hal-hal apa saja yang akan digunakan untuk menjaga audiens untuk tetap tertarik dengan omongan kita.

Letak Pathos pada isi pidato :
Apakah tahu kegunaan dari Internet ?
Internet ini memiliki aplikasi yang disebut dengan “ google “ saudara-saudara semua pasti tahu fungsi dari Google ? YA, google itu adalah aplikasi yang mudah di akses oleh semua kalangan.
Selama ini, google sendiri disadari atau tidak disadari sudah menjadi “ tuhan ” baru di era globalisasi.
Boleh percaya boleh tidak, ada agama baru yang mulai berkembang di dunia ini, nama agama tersebut adalah Googlism. Mengapa diberi nama googlism ? karena, aliran ini mempunyai Tuhan yang bernama Google si mesin pencari yang sangat terkenal itu.

·         Logos (logis) adalah, bentuk persuasi yang menggunakan suatu alasan yang kuat untuk membantu kita dalam memenangkan suatu argument. Memberi suatu alasan atau gambaran. Dengan adanya gambaran kita dapat mengarahkan pemikiran lawan bicara, sehingga membuatnya terlihat, terdengar, dan terasa logis.

Letak Logos pada isi pidato :
Ini adalah bukti bahwa Google itu Tuhan       :

Bukti pertama: Google itu Maha Tahu, ia mengerti segala informasi yang ada didunia ini.
Bukti kedua: Google dapat berada dimanapun dalam waktu yang bersamaan, siapapun dapat mengakses google dimanapun ia berada.
Bukti ketiga: Google menjawab doa, punya masalah yang berat semacam kanker, tinggal search di google dan anda akan mendapatkan jawaban bagaimana cara untuk menyembuhkan penyakit kanker tersebut.
Bukti keempat: Google berpotensi abadi, dia tidak berwujud fisik seperti manusia yang tubuhnya akan rusak dan akan mati. Servernya yang berada di banyak tempat membuat peluang mati itu sangat kecil.
Bukti kelima: Google mempunyai kuasa tak terbatas, internet akan tumbuh terus menerus dan google akan terus menerus mengikuti perkembangan itu.
Bukti keenam: Google mengingat segalanya, semua informasi dapat tersimpan di Google, sekalipun anda meninggal pemikiran anada akan tetap terpelihara dan dapat di akses oleh banyak orang.
Bukti ketujuh: Google tidak melakukan kejahatan, bukan berarti google itu selalu memberikan informasi positif , jika google diakses oleh para orang-orang jahat yang mencari untung, maka terwujudlah permintaan tersebut.
Semua masalah, tindakan positif dan negative itu semua tergantung kepada tangan-tangan yang mengaksesnya.

·         Ethos (creadibility) adalah, suatu bentuk kreadibilitas. Orang cenderung lebih mendengarkan orang yang memiliki pengaruh ataupun orang yang dipandang baik oleh masyarakat, atau singkatnya lebih terlihat meyakinkan dan menunjukkan bukti.
Letak Ethos pada isi pidato:
Seperti kita ketahui Internet itu adalah sumber informasi, semua masyarakat modern sekarang ini apa-apa itu semua selalu memakai Internet, mencari sesuatu di Internet dan semua masalah apapun itu bisa dipecahkan oleh adanya tekhnologi Internet tersebut. Karena memang sudah terbukti kebenarannya.

Kelemahan saya dibandingkan dengan teori retorika,
Teori retorika lebih kepada bertutur, memainkan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan bertutur. Karena retorik disatu pihak memberikan gambaran pemahaman yang lebih baik tentang manusia dalam hubungannya dengan kegiatan bertuturnya. Jadi kelemahan nya, ada beberapa kata yang kurang baku.


























Isi pidato:
Selamat Pagi Semuanya…
Salam sejahtera untuk kita semua,
Yang Terhormat sebagai dosen Public Speaking Bapak Mustika Ranto Gulo, ST,M.Si
Serta teman teman yang saya cintai dan kasihi..
Sebelum saya memulai saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman yang hadir disini,
“ APAKAH TEMAN TEMAN DISINI SEMUA SERING MEMAKAI INTERNET ?”
“LALU? APAKAH TEMAN-TEMAN MENGETAHUI APA KEGUNAAN DARI INTERNET ITU ?
SEPERTI KITA KETAHUI INTERNET ITU ADALAH SUMBER INFORMASI, SEMUA MASYARAKAT MODERN SEKARANG INI APA APA ITU SEMUA SELALU MEMAKAI INTERNET, MENCARI SESUATU DI INTERNET DAN SEMUA MASALAH APAPUN  ITU BISA DIPECAHKAN OLEH ADANYA TEKNOLOGI INTERNET TERSEBUT.
INTERNET INI MEMILIKI APLIKASI YANG DISEBUT DENGAN “GOOGLE” SAUDARA SAUDARA PASTI TAU FUNGSI DARI GOOGLE ? YA. GOOGLE ITU ADALAH APLIKASI YANG MUDAH DI AKSES OLEH SEMUA KALANGAN.
 CONTOH : adik saya membeli pulsa untuk kebutuhannya meng-googling semua tugas yang diberikan dari sekolah, dengan membuka google tugas nya pun selesai
SEMUA ORANG-ORANG ITU SEKARANG MENGANDALKAN GOOGLE, MENCARI SEMUA JAWABAN ATAU SOLUSI MASALAH SEMUA PAKAI GOOGLE.
OLEH KARENA ITU DISEBUT LAH , “GOOGLE ITU TUHAN !!!!”
 MENGAPA ??
SELAMA INI, GOOGLE SENDIRI DISADARI ATAU TIDAK DISADARI SUDAH MENJADI “TUHAN” BARU DI ERA GLOBALISASI.
BOLEH PERCAYA BOLEH TIDAK, ADA AGAMA BARU YANG MULAI BERKEMBANG DI DUNIA INI. NAMA AGAMA ITU ADALAH GOOGLISM . KENAPA DIBERI NAMA GOOGLISM? KARENA, ALIRAN INI MEMPUNYAI TUHAN YANG BERNAMA GOOGLE. MESIN PENCARI YANG SANGAT TERKENAL ITU. TAPI KAN GOOGLE ITU MESIN PENCARI, KENAPA DI ANGGAP TUHAN ?
INI ADALAH BUKTI DARI GOOGLE ITU TUHAN :
BUKTI PERTAMA : GOOGLE ITU  MAHA TAHU, IA MENGERTI SEGALA INFORMASI YANG ADA DI DUNIA INI
CONTOH: artis talkshow yang cantik dan ganteng atau presenter handal yang professional.
BUKTI KEDUA : GOOGLE DAPAT BERADA DIMANAPUN DALAM WAKTU YANG BERSAMAAN, SIAPAPUN DAPAT MENGAKSES GOOGLE DIMANAPUN IA BERADA (ASALKAN ADA KONEKSI INTERNET)
CONTOH :PERGI KELUAR NEGERI, MENGAKSES DILUAR DALAM WAKTU YANG BERSAMAAN
BUKTI KETIGA : GOOGLE MENJAWAB DOA, PUNYA MASALAH YANG BERAT SEMACAM KANKER, TINGGAL SEARCH DI GOOGLE DAN ANDA AKAN MENDAPATKAN JAWABAN BAGAIMANA CARA UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKIT KANKER, GOOGLE MEMANG MEMBERI SOLUSI TETAPI GOOGLE  TETAP TIDAK BISA
MENYEMBUHKAN, MANUSIA LAH YANG HARUS MENGUSAHAKAN SENDIRI ATAS PERMINTAAN NYA UNTUK SEMBUH.
BUKTI KEEMPAT : GOOGLE BERPOTENSI ABADI, DIA TAK BERWUJUD FISIK SEPERTI MANUSIA YANG TUBUHNYA BISA RUSAK DAN AKAN MATI. SERVERNYA YANG BERADA DI BANYAK TEMPAT MEMBUAT PELUANG MATI ITU SANGAT KECIL.
BUKTI KELIMA : GOOGLE MEMPUNYAI KUASA TAK TERBATAS, INTERNET AKAN TUMBUH TERUS MENERUS DAN GOOGLE AKAN TERUS MENERUS MENGIKUTI PERTUMBUHAN ITU.
BUKTI KEENAM : GOOGLE MENINGAT SEGALANYA, SEMUA INFORMASI DAPAT TERSIMPAN DI GOOGLE, JADI SEKALIPUN ANDA MENINGGAL PEMIKIRAN ANDA AKAN TETAP TERPELIHARA DAN DAPAT DI AKSES OLEH BANYAK ORANG.
BUKTI KETUJUH : GOOGLE TIDAK MELAKUKAN KEJAHATAN , BUKAN BERARTI GOOGLE ITU SELALU MEMBERIKAN INFORMASI POSITIF, JIKA GOOGLE DI AKSES OLEH PARA ORANG-ORANG JAHAT YANG MECARI UNTUNG, MAKA TERWUJUD LAH PERMINTAAN TERSEBUT.
SEMUA MASALAH YANG ADA DI DALAM PENGGUNAAN GOOGLE, TINDAKAN POSITIF DAN NEGATIF ITU SEMUA TERGANTUNG KEPADA TANGAN-TANGAN YANG MENGAKSESNYA.
BEBERAPA POINT DIATAS ADALAH BUKTI YANG TAK TERBANTAHKAN GOOGLE SEBAGAI TUHAN.
APA ADA YANG MAU BERGABUNG KEDALAM AGAMA GOOGLISM TERSEBUT?? JIKA SAUDARA-SAUDARA BERMINAT SILAHKAN SAJA
TERIMAKASIH SAYA PUTRI LISCA AMALIA
SALAM SUKSES ……….!!!!!!!!!!!



Pesan dan kesimpulan :
pesan dari pidato ini adalah gunakan internet (google) dengan sewajarnya jangan erlalu berlebihan. Kita masih mempunyai Tuhan yang Maha Esa, jangan bergantung kepada google karena google hanya sebagai mesin pencari yang populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan. Jangan terjerumus ke dalam pergaulan yang semakin modern ini. Google memberikan semua solusi dan jawaban dari masalah atau hal-hal yang tidak kita ketahui, tetapi google bukan Tuhan.




































JAWABAN UAS PUBLIC SPEAKING 2

  10 Magic Of Public Relations

1.    Language Proficiency, penguasaan bahasa dan istilah yang mampu menghipnotis audiens.
Contoh dari isi pidato : kata “google itu tuhan” mampu menghipnotis dan membuat audiens terkejut mendengar kata tersebut karena sulit di mengerti dan harus mendengarkan isi kemudian baru bisa memahami makna dari kata dan bahasa “google itu tuhan” dan kata “googlism” kata baru yang mampu menghipnotis audiens karena kata “googlism” tersebut jarang terdengar dan baru.
2.    Say it Right, kemampuan spelling atau kemampuan mengucapkan kata dengan pengejaan yang benar dan tidak salah.
Contoh dari isi pidato : menyebutkan nama dosen di dalam kata pembuka pidato, seperti “Yang Terhormat Bapak Mustika Ranto Gulo, ST,M.Si
Tidak boleh salah dalam pengejaan kata maupun pengucapan kata. Agar yang mempunyai nama dan gelar tersebut tidak tersinggung
3.    Charismatic Speaker, seorang yang berkharisma
Sudah menyusun naskah pidato dengan baik dan sudah menguasai materi dari penguasaan tersebut sangat terlihat berkharisma.
4.    Body Language, gerak gerik menentukan segalanya diatas panggung.
Saat naik ke atas panggung harus percaya diri dan yakin dengan apa yang akan disampaikan dan jangan nervous.
Contoh di dalam kata “apa ada yang mau bergabung kedalam agama Googlism tersebut? Jika saudara-saudara berminat silahkan saja” memberikan mimic muka yang meyakinkan untuk menawarkan kepada para Audiens, bangun komunikasi dengan audiens agar lebih akrab dan audiens pun tidak akan jenuh mendengarkan pidato kita, aberi volume suara tegas dan agak keras dibagian isi pidato yang penting, dan beri gesture badan yang tegas dan tegak agar menarik perhatian audiens, supaya tidak terkesan malas.
5.    Confident and Nervous, penguasaan diri
Sebelum memulai berpidato di atas panggung, persiapkan diri dengan semaksimal mungkin dan point terpenting adalah percaya diri dan yakin mampu membuat seluruh audiens tertarik. Seperti contoh pidato saya kemarin, saya memberikan mimic wajah yang fresh gesture tubuh yang menarik untuk membangun kepercayaan diri.
6.    Show Case, tampilkan kasus dengan memulai pertanyaan-pertanyaan yang unik untuk memulai suatu pembicaraan yang hebat
Contoh di pidato kemarin, saya memeberikan pertanyaan:
 “Apakah teman-teman disini semua sering memakai internet?”
“Lalu? Apakah teman-teman mengetahui apa kegunaan dari internet         itu?”
7.    Consideration of alternative Solutions, pertimbangan jumlah pendapat para narasumber
Jawaban dari para narasumber berpoint besar, berarti terbukti dengan benar bahwa banyak orang-orang yang memang memakai internet “google”
8.    Sleigh audiens in your opinion, menggiring audiens pada opini dengan memberikan contoh jawaban, solusi yang tepat pada kasus sesuai tema pidato
Contoh : “semua masalah yang ada di dalam penggunaan google, tindakan positif dan negative itu semua tergantung kepada tangan-tangan yang mengaksesnya”.
9.    Draw great conclusions, tarik kesimpulan dan giring semua audiens masuk dalam kesimpulan, dengan mengajukan banyak pertanyaan dan menggiring jawabannya pada tema anda.
Contoh Pertanyaan : apakah teman-teman mengetahui kegunaan dari google?
Google memberikan semua solusi dan jawaban dari masalah atau hal-hal yang tidak kita ketahui,
10.  Show Empathy at the End Speech, tutup pembicaraan dengan penuh empati kepada audiens anda.
Contoh saya memberikan pertanyaan yang membuat audiens terkejut:
apa ada yang mau bergabung kedalam agama Googlism tesebut? Jika saudara-saudara berminat silahkan saja”

Ketika saya praktek pidato, semua dari 10 Magic Of Public Speaking sudah saya lakukan dari tahap awal hingga akhir, semua tidak ada yang terlewati dan semua sudah saya lakukan ketika saya berpidato diatas panggung dengan semangat yang luar biasa, dengan penuh percaya diri dan yakin.



















JAWABAN UAS PUBLIC SPEAKING 3

 Di dalam teori Public Speaking, jika makna dan tujuan Public Speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan kepada orang banyak dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada orang banyak maka peran motivator tersebut harus bisa mempengaruhi cara berfikir khalayak, seperti contoh pada tema pidato saya “google itu tuhan” bukan berarti google itu memang Tuhan tetapi bagaimana caranya mempengaruhi audiens agar bisa mengerti makna yang disampaikan, mengajak dan mendidik audiens untuk menggunakan google dengan tindakan yang positif dan jangan disalahgunakan, member penjelasan secara lisan memberikan informasi bahwa google hanya menjawab semua pertanyaan-pertanyaan atau suatu masalah. Google hanya bisa menjawab karena Google adalah mesin pencari, tetapi google itu bukan Tuhan. Pidato saya memberikan tujuan yang jelas dan memang terbukti kebenaran bahwa semua khalayak memakai Google.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar